English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, May 19, 2015

Forum Pelajar Indonesia ke-7

Ok hari saya mau memperkenalkan satu kegiatan yang berhubungan dengan aktifitas yang dapat dilakukan oleh para Pelajar di seluruh pelosok Indonesia, kegiatan itu disebut Forum Pelajar Indonesia :v.  Saya akan menjelaskan secara singkat apa itu Forum Pelajar Indonesia atau yang disebut juga FOR.
Forum Pelajar Indonesia adalah forum tahunan yang melibatkan 300 pelajar tingkat SMA-SMK-MA dari seluruh Indonesia yang mempunyai kapasitas dan integritas. Forum ini membuka ruang pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam upaya menumbuhkan karakter kepemimpinan dan integritas pelajar Indonesia. Forum ini membuka kesempatan bagi pelajar untuk bertemua dengan para pemegang kebijakan dari berbagai pihak untuk menyampaikan usulan kebijakan yang mendukung kemajuan pelajar di Indonesia. Outcome-nya adalah Pelajar memahami hak dan kewajiban sebagai pelajar sehingga menjadi agen perubahan dan duta promosi berbagai kebijakan dalam berbagai bentuk kegiatan positif di daerah masing-masing .
Program yang diselenggarakan oleh Indonesia Student & Youth Forum (ISYF) berkerjasama dengan pemerintah, private sector, berbagai organisasi masyarakat sipil dan media. Tema untuk tahun 2015 adalah “Revolusi Karakter di Mata Pelajar”. Forum ini akan diselenggarakan pada tanggal 10-14 Nopember 2015 di Jakarta, Indonesia. Berbagai aktivitas akan dilaksanakan anatara lain Leaders Panel, Wisdom Talk, Workshop, Ministerial Speak, Cultural Peformance, Meet The CEO, Social Action, Inaugurasi, Cullinary Exhibition, Kunjungan Lembaga Negara, Corporate Visit, Focus Group Discussion, Working Group, Field Trip  dan lain-lain (sumber : isyf.or.id) .

Saya sebagai Alumni dari FOR-5 ingin para pelajar di seluruh Indonesia dapat berpartisipasi dalam kegiatan Forum Pelajar Indonesia ke-7 ini.

Untuk outcome dari kegiatan Forum pelajar ini antara lain :
  • Adannya pertemuan antara Pelajar dengan Pemangku kepentingan (pemerintah-private sector-lembaga non-government) untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Dalam hal ini pelajar menyampaikan harapan dan aspirasi, dan pemangku kepentingan menyampaikan kebijakan, program dan menjawab aspirasi pelajar. Hal ini diharapkan terjadinya kemitraan strategis dalam pelaksanaan program di berbagai daerah.
  • Bertambahnya kesadaran dikalangan pelajar tentang keberagaman Indonesia yang harus dijaga bersama melalui berbagai kegiatan yang kreatif, motivatif dan inovatif.
  • Munculnya berbagai program yang mendukung pemerintah dalam upaya menciptakan generasi yang unggul yang mempunyai pengtahuan luas dan keterampilan d sesuai dengan minat dan bakatnya.
  • Tumbuhnya jiwa kepemimpinan, kemandirian dan mempunyai motivasi melakukan kegiatan individu dan kelompok yang bersifat social-entrepreneurial sesuai dengan hobi dan minat mereka dengan didasarkan pada   pengetahuan dan keterampilan mereka.
  • Bertambahnya wawasan, pengalaman dan akses informasi kepada pelajar di seluruh Indonesia.
(isyf.or.id)

Inilah contoh foto bersama Forum Pelajar Indonesia ke-5 18-22 desember 2013 dari SMA Taruna Nusantara




Untuk Pendaftaran dan info lebih lanjut dapat dilihat di isyf.or.id .

No comments:

Post a Comment