English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, August 26, 2015

Valve Entrepreneur

Sudah lama ngga update tapi sekalinya update malah buat tugas kuliah :D . Tujuan saya membuat post ini adalah untuk mata kuliah Komputer bisnis saya di Technopreneurship, Surya University. Ok langsung aja, disini kalo saya ngomong soal Valve atau Steam pasti telinga para gamer disini langsung ngerespon cepet banget. Ya.. mau gimana lagi, Valve ini kan merupakan salah satu distributor game dan game developer terbesar di dunia.  Untuk para gamer kelas kakap nih, siapa yang ngga tau game CS:GO, Team Fortress, Dota 2, atau lain sebagainya ? saya yakin hampir semua gamer tahu game-game tersebut, biarpun dia belum pernah main game-game tersebut tapi pasti dia tahu, akibat dari pamor game tersebut.

Founder dari Perusahaan ini adalah mantan pekerja Microsoft yaitu Gabe Newell dan Mike Harrington dan jangan salah dia pernah belajar di Harvard University meskipun di drop out akan alasan tertentu. Perusahaan valve ini sebenarnya sering mengalami jatuh bangun kita ambil contoh Game Half-Life. Salah satu kendala dari game ini ialah susahnya melakukan patch, jika valve ingin melakukan patch pada game ini maka game ini harus maintenance selama beberapa hari, dan itu merupakan kerugian besar bagi perusahaan valve. Akibat dari kendala tersebut terbentuklah inovasi atau pemikiran untuk membuat engine dan engine itu disebut Steam. Dengan Engine ini Valve tidak perlu lagi update/maintenance/patch dengan waktu yang lama dan update sudah bisa langsung dilakukan di engine Steam itu sendiri. Setelah Kesuksesan half-life muncullah game-game besar lainnya seperti Dota 2 atau CS:GO.

Tahukah kalian hal yang paling menarik dari Valve (steam) ini ? hal yang paling menarik adalah sistem pemasaran mereka. Bagaimana sistem pemasaran mereka ? mereka melakukan diskon besar-besaran di produk game yang mereka jual mulai dari 10-90%. Mungkin terdengar gila ketika mendengar diskon 90% tapi dengan diskon itu pula dapat membuat kita tergiur untuk membeli game tersebut dan itulah yang membuat Valve (steam) sukses besar.
Hikmah preneurship yang bisa kita ambil dari Perusahaan ini adalah, semua hal di dunia ini pasti kita jalani dengan jatuh bangun tetapi jangan langsung menyerah dan jika kalian sudah berhasil, buatlah selalu inovasi-inovasi baru agar dapat memajukan hal yang kalian kerjakan tersebut..
Fun fact, Mantan kepala Pemasaran Valve (steam), Yanis Varoufakis, menjabat menjadi menteri keuangan Yunani :D

No comments:

Post a Comment